Sunday, October 7, 2007

My Los Angeles - The Getty Museum

Setiap kedatangan tamu dari luar kota, the Getty Museum selalu kami sarankan untuk tidak dilewatkan. Banyak hal yang menarik di museum ini. Arsitekturnya cantik dan yang paling kami sukai saat hari cerah adalah bisa menikmati pemandangan kota LA dan laut Pacific yang spektakular. Kemaren kami ke museum ini lagi bersama dua sahabat yang berkunjung dari Bay Area.














Satu hari tidak akan cukup untuk menikmati semua pameran yang tersebar di 5 pavillion terpisah ditambah satu the Getty Research Institute Exhibition Gallery. Karenanya untuk memaksimalkan kunjungan, kami memutuskan untuk mengunjungi tiga pameran saja; Classical Connections: The Enduring Influence of Greek and Roman Art, pameran fotography dari Edward Weston dan Luc Delahaye danMusic for the Masses: Illuminated Choir Books  

Hampir setengah hari kami menghabiskan waktu untuk melihat ketiga ekhibisi yang dipilih serta mempelajari sejarahnya. Karena saya tidak terlalu paham dengan art dan sejenisnya, maka yang menarik buat saya adalah benda-benda seni baik itu lukisan, patung, hiasan dll yang terlihat indah dimata saya dan tidak membuat saya pusing atau sulit untuk mengapresiasikannya. Favorit saya adalah copy patung Dewi Cinta dari Yunani yang patung aslinya dibuat pada 350 sebelum Masehi (foto disebelah kanan) dan patung seorang ibu berkerudung yang terlihat sangat anggun (Vestal Virgin) - foto dibawah 

Foto-foto Edward Weston yang ditampilkan dalam pameran cukup menarik, berkesan apa adanya dan tanpa dimanipulasi. Kebanyakan menampilkan foto diri orang-orang disekelilingnya dalam tampilan hitam putih.
Sangat kontras dengan foto-foto karya Edward Weston, foto-foto Luc Delahaye umumnya berwarna yang dicetak dalam skala besar dan menampilkan kejadian masa kini. Ada foto pengungsi di Chad, foto orang meeting, dan yang cukup menarik pengunjung adalah foto kota Meulaboh setelah dilanda Tsunami.
Seperti pameran photography umumnya, foto-foto yang dipamerkan di The Getty Museum tidak boleh dipotret. Dari sekian banyak foto-foto Edward Weston yang dipamerkan, yang paling saya sukai adalah foto ini.
The Getty Musuem
1200 Getty Center Drive
Los Angeles, California 90049

No comments: