Saturday, June 4, 2011

Chocolate Cashew Milk

I love chocolate! Well, who doesn't?!

Sejak mencoba mengkonsumsi makanan mentah dan ketagihan, saya rajin membuat susu kacang rasa coklat, tentunya dengan menggunakan cacao yang belum diolah. Rasanya jauh lebih enak dari susu coklat yang selama ini saya konsumsi dan jauh lebih sehat lagi. :-) Konon cacao mentah merupakan 1 dari 10 superfoods karena mengandung antioxidant yang tinggi, phenyl ethylamine (PEA), anandamide yang merangsang perasaan bahagia dan sumber manganese, zinc, cooper, iron, magnesium dan omega 6 fatty acids. Melihat sederet faedahnya, saya usahakan untuk menggunakan cacao mentah di dalam resep sebanyak mungkin. 

Biasanya saya menggunakan kacang almon untuk membuat susu. Karena kehabisan stok dan yang ada di pantry saat ini cuma kacang cashew, ya saya coba pakai kacang cashew. Seperti yang saya duga sebelumnya, hasilnya tidak mengecewakan. Malah saya tidak merasakan perbedaan rasa sama sekali. Yang terasa adalah susu coklat yang lezat. 

Semua bahan yang digunakan mentah, organic, tanpa gula dan tanpa perlu merasa bersalah jika minum bergelas-gelas :-)

Chocolate Cashew Milk 
1 organic cup cashew
3 cups filtered water
3 organic medjol kurma yang sudah dibuang bijinya
2 atau 3 sendok makan organic raw cacao powder 

Masukkan semua bahan ke dalam blender sampai tercampur rata. Membuat susu dari  kacang cashew lebih mudah dibandingkan membuat susu kacang almond karena tidak ada ampasnya. Takaran di resep ini menghasilkan 3 gelas (untuk ukuran gelas dalam gambar) dan bisa disimpan di lemari pendingin sampai 3 hari (kalau bisa menahan godaan untuk tidak menghabiskannya dalam sekali teguk). Haha 

2 comments:

Aplus Self Growth Projects said...

hallo mbak :-) trims ya buat resep2 kerennya aku lagi mulai rawfood esp raw chocolate milknya dari kacang mede wawww excited aku suka minuman coklat tapi dari sachetan xixixi jadi seneng bgt nemu resepnya

Puti Bungsu said...

You are most welcome jeng. Mudah2an suka ya