Wednesday, June 15, 2011

Kripik Bawang

Cuti sakit saya teruskan hari ini karena belum merasa sehat sepenuhnya dan juga ingin beristirahat lebih banyak. Hihihi. Setelah makan siang dan menikmati beberapa potong brownies yang dibuat kemaren, timbul keinginan untuk makan keripik atau camilan yang asin-asin. Sayangnya persedian camilan mentah saya sedang habis. Jadi harus buat sendiri dengan bahan seadanya. Untung ada kacang almond yang sudah direndam dan dikeringkan,  sisa dari membuat susu kemaren pagi, dan sedikit walnut yang memang ingin segera dihabiskan karena sudah agak lama tersimpan di pantry. Karena tomat segar tidak ada, sebagai gantinya saya gunakan tomat yang sudah dikeringkan (sun dried) dan direndam dalam air dingin. 

Kripik Bawang (Kripik atau keripik sih yang benar ?) Resep diadaptasi dari sini
1/2 cup raw, organic almond yang sudah direndam dan dikeringkan
1/2 cup raw, organic walnuts, rendam 30 menit, tiriskan
1/2 cup raw, organic biji matahari, rendam 30 menit, tiriskan
2 potong organic sun dried tomato, rendam 30 menit, dan air rendamannya
1/2 organic sweet onion, potong-potong
1 1/2 sendok makan flaxseed
sejumput pink himalayan sea salt

Masukkan semua bahan kedalam food processor. Setelah semua tercampur, tuang adonan ke kertas parchment dan tipiskan kemudian keringkan. Karena tidak punya dehydrator, adonan saya keringkan di dalam oven dengan suhu tidak lebih dari 100 derajat sampai saya dapatkan tekstur seperti keripik.  

No comments: